Rakor Forum CSR Tahun 2024

Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kabupaten Sidoarjo menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan materi Pembahasan Alternatif Pembiayaan Pembangunan Kabupaten Sidoarjo melalui CSR, di Kantor Bappeda Pemkab Sidoarjo, Senin (22/01/2024). Dalam Rakor ini, mengundang sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sidoarjo, sejumlah asosiasi perusahaan, asosiasi profesi hingga perwakilan perguruan tinggi di Kabupaten Sidoarjo. Selain itu, Rakor ini juga dihadiri Kepala Bappeda Sidoarjo, Heri Soesanto. Rakor ini untuk meminta masukan sejumlah stakeholders terkait program CSR di Kabupaten Sidoarjo.

Ketua Forum CSR Sidoarjo, Deddy Aji Wijaya mengajak para stakeholder agar terlibat dan bisa berpartisipasi dalam program CSR. Dia mencontohkan, misalnya asosiasi perusahaan, asosiasi kesehatan, dewan kesenian, dewan pemuda dan dewan pendidikan hingga perguruan tinggi terlibat langsung dalam penggalian dana CSR. Dalam rakor ini, Deddy menjelaskan sejumlah rencana yang bakal dilakukan Forum CSR Sidoarjo ini, tujuannya agar program-program CSR bisa membantu pembangunan di Kabupaten Sidoarjo. Salah satunya, rencana menyusun Katalog Program CSR. Katalog ini berisi rencana program pembangunan berdasarkan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

Deddy menyebutkan, program CSR perusahaan di Kabupaten Sidoarjo yang dilaporkan melalui Forum CSR Sidoarjo tergolong masih minim. Hal itu jika dibandingkan dengan jumlah perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Sidoarjo. Di Tahun 2023 lalu, baru terdapat 24 perusahaan dengan jumlah total anggaran CSR yang disalurkan senilai Rp 11,2 miliar. Sementara itu, Deddy juga berharap semua perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Sidoarjo bisa memiliki dan menyampaikan tanggung jawab sosialnya.

 

 

*Berita dikutip dari Republik Jatim